Jumat, 06 April 2012

Makan Ikan dapat Meningkatkan Kemampuan Otak

Otak manusia merupakan salah satu organ vital pada tubuh manusia yang menjadi pusat intelegensia dari tubuh manusia. Otak juga merupakan sarana yang dapat digunakan manusia dalam berpikir untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang kemudian dapat diaplikasikan dalam kehidupan.

Otak manusia terdiri sel-sel syaraf yang disebut neuron. Banyak jumlah neuron dapat menggambarkan bagaimana intelegensi manusia. Semakin banyak jumlah neuron yang terbentuk akan meningkatkan kemampuan penyimpanan data dari otak. Sementara apabila pembentukan neuron terganggu, maka akan menyebabkan kemunduran kemampuan abstraktif, verbal, dan kemampuan mengingat. Pembentukan neuron dapat terganggu apabila asupan gizi untuk otak tidak terpenuhi.

Untuk merangsang pertumbuhan sel-sel otak, maka otak harus diberi asupan makanan yang cukup. Protein, asam lemak tak jenuh (DHA dan LA), zat besi, Fospor, dan Zing (Seng/Zn) merupakan beberapa gizi yang dibutuhkan oleh otak (Pedak dan Maslichan, 2009). Makanan yang dibutuhkan oleh otak tersebut disebut sebagai “Brain Food”.

Ikan merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3, yaitu DHA dan EPA, yang mana keduanya penting bagi pertumbuhan serta perkembangan fungsi otak. Sebuah studi yang dilakukan di Swedia menemukan remaja laki-laki yang mengkonsumsi ikan secara teratur menunjukkan perkembangan otak yang lebih baik. Para peneliti mensurvey 5000 remaja laki-laki yang berusia 15 tahun, penelitian tersebut menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi ikan lebih dari sekali dalam seminggu cenderung memilki skor yang lebih tinggi dalam tes intelegensi yang dilakukan 3 tahun kemudian (Jurnal Acta Pediatrica).

Kandungan asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan sangat penting dalam perkembangan otak awal. Selain itu, lemak sehat ini juga bagus untuk mempertahankan fungsi otak agar tetap sehat sepanjang hidup. Kandungan omega-3 banyak ditemukan pada ikan berminyak, seperti Salmon, mackarel, dan tuna.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Facebook More
Blogger Bertuah