Jumat, 20 April 2012

HARI BUMI 2012

“JANGAN PIKIRKAN LAGI APA YANG SUDAH HILANG
TAPI FOKUSLAH PADA APA YANG BISA KITA LAKUKAN SEKARANG”


Padang. Hari Bumi merupakan salah satu hari peringatan mengenai lingkungan yang diperingati setiap tahunnya untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi. Peringatan Hari Bumi diperingati secara bersamaan di seluruh dunia tepat pada tanggal 22 April. Peringatan hari bumi mulai diperingati sejak tahun 1970 oleh seorang pengajar lingkungan hidup yang juga merupakan senator di Amerika pada saat itu, Gaylord Nelson. Sebelumnya atas usulan seorang aktivis perdamaian John McConnell pada 1969, PBB juga telah melakukan peringatan Hari Bumi, namun peringatannya dilaksanakan pada tanggal 22 Maret bertepatan pada saat matahari tepat berada di atas khatulistiwa yang sering disebut Ekuinoks Maret.

Hari ini, 21 April 2012, Untuk kesekian kalinya setelah tahun 1970, esok masyarakat dunia memperingatinya sebagai Hari Bumi dengan berbagai aktivitas kebumian. Menanam pohon, car free day, atau lainnya.
Dalam momen memperingati hari bumi pada tahun ini, marilah kita renungi beberapa wacana berikut ini. Ambillah esensinya, pelajarannya, dan hikmahnya. Lalu, kitalah yang menentukan setelahnya.[mn]

Kehidupan, mukjizat di alam semesta, dimulai sekitar 4 miliar tahun lalu. Dan manusia hanya 200.000 tahun lalu. Tapi kita telah mampu mengganggu keseimbangan yang amat penting bagi hidup.

Di sinilah Anda. Manusia bijak, memasuki cerita. Anda dimodali warisan 4 miliar tahun. Anda baru berumur 200.000 tahun, tapi Anda sudah mengubah wajah bumi ini. Meskipun Anda memiliki kelemahan, Anda telah mengambil hak milik semua habitat dan menaklukkan banyak wilayah, lebih dari semua spesies yang pernah ada.

Diciptakannya pertanian membalikkan sejarah kita. Kurang dari 10.000 tahun lalu. Pertanian menjadi revolusi besar kita yang pertama. Hasilnya, keberlimpahan pertama dalam bentuk kota-kota dan peradaban. Pudarlah ingatan akan ribuan tahun mengais-ngais makanan. Setelah beras gandum menjadi benih kehidupan, kita menggandakan jumlah varietas dan belajar menyesuaikannya dengan tanah dan iklim kita.

Pertanian tetap merupakan profesi paling umum di bumi. Separuh umat manusia mengolah lahan tiga perempatnya dengan tangan. Pertanian seperti tradisi yang diturunkan dari generasi ke generasi dalam keringat dan kesukaran karena bagi manusia ini merupakan prasyarat untuk kelangsungan hidup.

Tapi setelah sekian lama menggunakan otot, manusia menemukan cara untuk memanfaatkan energi yang terkubur dalam di Bumi. Nyala api ini juga berasal dari tanaman. Kantung cahaya matahari. Energi murni. Energi matahari, yang tersimpan jutaan tahun oleh jutaan tanaman lebih dari 100 juta tahun lalu. Batubara. Gas bumi. Dan, terutama, minyak. Dan kantung cahaya matahari ini membebaskan manusia dari penderitaannya mengolah lahan.

Dengan minyak dimulailah era manusia yang lepas dari kungkungan sang waktu. Dengan minyak, sebagian dari kita memperoleh kenyamanan yang tak terbayangkan sebelumnya. Dan dalam 50 tahun, satu umur hidup saja, Bumi telah diubah drastis lebih daripada oleh seluruh generasi manusia yang sebelumnya. Lebih cepat dan lebih cepat.

Hari ini, lebih dari separuh dari 7 miliar penduduk dunia hidup di perkotaan. New York. Kota megapolitan pertama di dunia adalah simbol eksploitasi energi yang diberikan Bumi pada kejeniusan manusia. Tenaga kerja jutaan imigran, dan energi batu bara, kekuatan minyak yang tak terbelenggu. Amerika adalah yang pertama yang memanfaatkan kekuatan fenomenal dan revolusioner si "emas hitam".

Di ladang, mesin menggantikan manusia. Seliter minyak menghasilkan tenaga sebesar 100 pasang tangan selama 24 jam. Di Amerika Serikat, hanya tersisa 3 juta petani. Mereka memproduksi beras gandum untuk 2 miliar orang. Tapi sebagian besar beras gandum tersebut tidak digunakan untuk makanan manusia. Di sini, dan di semua negara industri lainnya, hasil pertanian diubah menjadi pakan hewan atau bahan bakar biodiesel.

Semakin sebuah negara berkembang, semakin banyak mengkonsumsi daging. Bagaimana memuaskan permintaan dunia yang meningkat tanpa harus membuat peternakan yang mirip kamp. konsentrasi? Lebih cepat dan lebih cepat. Seperti siklus hidup hewan ternak, yang mungkin tak pernah melihat padang rumput. Memproduksi daging lebih cepat dari hewan telah menjadi rutinitas harian. Di tempat makan hewan yang luas, yang dipijaki jutaan ternak ini, tak sebatan rumputpun tumbuh. Pasukan truk dari setiap sudut negeri membawa berton-ton beras gandum, makanan kedelai dan bebijian kaya protein yang akan menjadi berton-ton daging.

Hasilnya adalah butuh 100 liter air untuk menghasilkan 1 kg kentang, 4.000 liter untuk 1 kg beras dan 13.000 liter untuk sekilo daging sapi. Belum lagi minyak yang dibutuhkan dalam proses produksi dan transportasi. Pertanian kita telah ditenagai minyak bumi. Bisa memberi makan dua kali jumlah manusia di Bumi, tapi telah mengganti keanekaragaman dengan standardisasi. Telah memberikan kita kenyamanan yang dulu hanyalah mimpi, tapi membuat hidup kita sepenuhnya bergantung pada minyak.

Jam bumi kita kini berdetak mengikuti irama mesin yang tak kenal lelah menguras tenaga dari kantung cahaya matahari. Seluruh bumi mengikuti irama harapan dan ilusi kita ini. Harapan dan ilusi yang sama yang berkembang dari permintaan, dan keinginan kita yang tak pernah puas. Kita tahu bahwa akhir dari minyak murah sudah di ujung pintu, tapi kita menolak mempercayainya.


Di mana-mana, mesin menggali, mengebor, dan merenggut dari Bumi bagian dari bintang yang terkubur di kedalaman sejak penciptaannya... Mineral. Karena kekuasaan, 80% kekayaan mineral dikonsumsi oleh 20% populasi dunia. Sebelum akhir abad ini, penambangan berlebihan akan menghabiskan hampir seluruh cadangan bumi. Lebih cepat dan lebih cepat.


Kita belum menyadari bahwa kita menghabiskan apa yang disediakan alam. Sejak 1950, penangkapan ikan telah meningkat lima kali lipat dari 18 jadi 100 juta ton metrik per tahun. Ribuan kapal pabrik mengosongkan samudra. Tiga perempat tempat menangkap ikan telah kehabisan ikan, atau berisiko kehabisan. Hampir semua ikan besar telah ditangkap dan punah karena mereka tak sempat bereproduksi. Kita menghancurkan siklus kehidupan yang diberikan pada kita. Dengan laju seperti ini, semua stok ikan terancam habis. Ikan adalah makanan pokok seperlima umat manusia. Kita lupa bahwa sumber daya itu terbatas.
500 juta manusia hidup di padang pasir, lebih banyak dari total populasi Eropa. Mereka menghargai nilai air. Mereka mengerti mengirit air. Di sini, mereka bergantung pada sumur yang diisi oleh air fosil, yang terkumpul di bawah tanah saat hujan turun di padang pasir 25.000 tahun lalu. Air fosil juga yang membuat tanaman dapat tumbuh di padang pasir untuk menjadi makanan penduduk lokal. Air fosil sumber yang tak terbarukan.



Di Arab Saudi, mimpi bertani industri di padang pasir telah buyar. Seperti di atas peta, daerah yang warnanya terang adalah lahan yang terbengkalai. Peralatan irigasi masih ada di sana. Energi untuk memompa air pun ada. Tapi cadangan air fosil telah sangat kekurangan.

Israel mengubah padang pasir menjadi lahan pertanian. Walaupun rumah panas ini diirigasi setetes demi setetes, konsumsi air meningkat terus seiring dengan ekspor. Sungai Yordan yang dulu perkasa kini hanyalah aliran kecil. Airnya telah mengalir ke supermarket di seluruh dunia. dalam bentuk buah dan sayuran. Nasib sungai Yordan ini bukan satu-satunya. Di seluruh muka bumi, satu dari sepuluh sungai tak lagi mengalir sampai ke laut selama berbulan-bulan dalam setahun. Kehilangan air dari sungai Yordan, permukaan Laut Mati turun satu meter per tahun.

India berisiko menjadi negara yang paling menderita karena kekurangan air di abad mendatang. Irigasi besar-besaran telah memberi makan populasi yang meningkat dan 50 tahun terakhir, 21 juta sumur digali. Di banyak bagian negara, sumur harus terus digali lebih dalam untuk mencapai air. Di India Barat, 30% sumur telah ditinggalkan. Cadangan air di bawahnya telah kering. Cadangan air akan kembali terisi di musim hujan.

Ribuan kilometer dari India, 800 hingga 1.000 liter air dikonsumsi per orang per hari. Las Vegas dibangun di atas padang pasir. Jutaan orang hidup di sana. Ribuan lagi datang setiap bulan. Penduduknya termasuk yang paling banyak mengkonsumsi air di dunia. Palm Springs salah satu kota gurun lainnya dengan tanaman tropis dan padang golf. Berapa lama ilusi ini akan terus berlangsung? Bumi tidak sanggup menyusul.

20% populasi dunia mengkonsumsi 80% sumber alam. Dunia menghabiskan dana untuk militer 12 kali lebih banyak daripada untuk menolong negara berkembang 5.000 orang mati setiap hari karena air minum yang kotor. 1 miliar orang tidak memiliki akses ke air minum yang aman. Hampir 1 miliar orang akan kelaparan. Lebih dari 50% beras gandum yang diperdagangkan di seluruh dunia dipakai untuk pakan hewan atau bahan bakar. 40% lahan yang dapat ditanami mengalami kerusakan jangka panjang. Setiap tahun, 13 juta hektar hutan lenyap. 1 dari 4 mamalia, 1 dari 8 burung, 1 dari 3 amfibi terancam punah Spesies punah dengan kecepatan 1.000 kali lebih cepat dari kecepatan alaminya Tiga perempat tempat menangkap ikan telah kehabisan, atau amat berkurang. Suhu rata-rata 15 tahun terakhir tertinggi sepanjang sejarah. Es kutub 40% lebih tipis dibanding 40 tahun lalu. Akan ada setidaknya 200 juta pengungsi iklim tahun 2050. Biaya dari tindakan kita amat tinggi. Banyak yang harus membayar walau tidak terlibat aktif. Saya sudah pernah melihat kamp pengungsian sebesar kota besar, bermunculan di padang gurun. Berapa banyak lelaki, perempuan dan anak-anak yang akan tersingkir esok hari?

Kehidupan di Bumi yang benar-benar tak terbayangkan. Kita telah menciptakan fenomena yang tak terkendali. Sejak awal mula kita, air, udara, dan makhluk hidup terantai secara intim. Tapi akhir-akhir ini kita telah mematahkan rantai tersebut. Hadapilah fakta. Kita harus mempercayai yang kita tahu. Yang baru kita lihat adalah cerminan kelakuan manusia. Kita telah membentuk bumi sesuai rupa kita. Hanya ada sedikit waktu untuk berubah. Bagaimana abad ini bisa menanggung beban 9 miliar manusia jika kita menolak menanggung risiko segala sesuatu yang telah kita perbuat?

Tapi, sekarang, bukan waktunya lagi menjadi pesimis. Saatnya berkumpul bersama. Yang penting bukanlah yang sudah hilang, tapi apa yang tersisa. Kita masih memiliki separuh hutan dunia, ribuan sungai, danau, dan glasir, dan ribuan spesies yang masih hidup. Kita tahu bahwa solusinya sudah ada hari ini. Kita bisa berubah. Jadi tunggu apa lagi? Apa yang terjadi berikutnya kita sendiri yang memutuskan bersama-sama

HOME, 2009

3 komentar:

Disarankan bagi yang telah membaca artikel ini untuk langsung menonton Filmnya.
Film Dokumenter ini menurut saya sangat menginspirasi dan menyadarkan kita betapa kita tidak berterima kasih kepada Tuhan melalui anugrahkanNya kepada kita. Film ini sangat cocok untuk ditonton dalam rangka menyambut hari bumi.

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

Posting Komentar

Share

Twitter Facebook More
Blogger Bertuah